Terus Bersyukur: Alhamdulillah Sistem Arsip Digital UNNES Diluncurkan

Terus Bersyukur: Alhamdulillah Sistem Arsip Digital UNNES Diluncurkan
Oleh Agung Kuswantoro

Alhamdulillah saya sebagai warga UNNES ikut bangga dengan diluncurkan Sistem Arsip Digital (https://unnes.ac.id/berita/upt-kearsipan-unnes-luncurkan-sistem-digital-arsip.html) yang sudah masuk dalam https://apps.unnes.ac.id/;

Saya menjadi orang yang melihat perjuangan menciptakan sistem tersebut. Ternyata, menciptakan sistem tersebut, bukanlah hal mudah. Tercatat dari beberapa kegiatan sejak tahun 2018 hingga 2020 yang saya ikut didalamnya dalam merancang Sistem Arsip Digital yaitu:

(1) Bimtek sistem informasi arsip dinamis (https://unnes.ac.id/berita/upt-kearsipan-unnes-lakukan-bimtek-sistem-informasi-arsip-dinamis.html);

(2) FGD dengan menghadirkan Bapak Tasdik Eko Pramono S.Kom, MT CHFI dari ANRI terkait sinkronisasi Siradi dan SIKD (https://agungbae123.wordpress.com/2018/04/19/sinkronisasi-siradi-dan-sikd/)

(3) Bimbingan teknis model manajemen arsip dinamis (https://unnes.ac.id/berita/mengetahui-tata-kelola-arsip-di-unnes-melalui-pelatihan-upt-kearsipan.html);

(4) Workshop sistem kearsipan dinamis terintegrasi (https://unnes.ac.id/berita/peran-arsip-jangan-dianggap-remeh.html);

(5) Evaluasi sistem persuratan dan kearsipan (https://unnes.ac.id/berita/buhk-unnes-lakukan-evaluasi-persuratan-dan-kearsipan.html)

Terkait hal itu pula, saya pernah mendapatkan tugas ke ANRI, Jakarta untuk konsultasi secara langsung dari sistem kearsipan UNNES yang sedang dikembangkan. Saya bertugas bersama Mas Mas’ul Fauzi, sekitar tahun 2019-2020.

Dari pula saya menuliskan penelitian mengenai sinkronisasi Siradi, Siardi, dan SIKD agar lebih mudah dalam pengelolaan arsip digital yang dikembangkan oleh UNNES.

Sebagai wujud bersyukur kepada UNNES, muncullah Sistem Arsip Digital yang sudah dikembangkan selama 3 tahun. Selama 3 tahun ini, 1 tahunnya dilakukan uji coba sistem tersebut. Alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik.

Terima kasih saya ucapkan kepada pimpinan UNNES, pimpinan ANRI, arsiparis-penata arsip dan tenaga kependidikan di lingkungan UNNES yang telah berpartisipasi dalam menciptakan dan mengembangkan sistem arsip digital. Semoga amal baik Bapak Ibu diterima oleh Allah Swt.

Pastinya dengan segala keterbatasan, sistem arsip digital memiliki keterbatasan. Insya Allah akan selalu dilakukan pengembangan dan evaluasi terkait sistem tersebut. Mohon doa dan dukungannya. []

Ditulis di Jakarta, 7 Desember 2021, jam 05.00- 05.20 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: