Administrator >< Tenaga Administrasi

Administrator >< Tenaga Administrasi

Oleh Agung Kuswantoro

Berita Kompas Jumat (13 Mei 2022) yang berjudul “Bukan Sekadar Mencari Administrator” (https://www.kompas.id/baca/polhuk/2022/05/12/bukan-sekadar-mencari-administrator) menjadikan berpikir bahwa belajar ilmu administrasi itu sangat luas. Saya lulusan jurusan pendidikan ekonomi administrasi perkantoran.

Profesi saya sebagai pengajar. Saat awal mengajar, saya selalu menekankan bahwa Anda (baca: mahasiswa) adalah calon pemimpin. Pemimpin itulah Anda. Dalam administrasi itu ada kegiatan mengatur/menata/mengelola suatu tujuan yang minimal dilakukan dua orang.

Saya termasuk orang yang menolak istilah “tenaga
 admin atau “biaya” administrasi. Mengapa? Kata administrasi yang melekat dalam kata “tenaga” dan “biaya”, makna administrasi menjadi kecil. Padahal, administrasi itu bermakna luas (Henry Fayol, 1841)

Dengan adanya judul yang ditampilkan Kompas, menjadikan saya “melek” akan makna administrasi. Kompas memang tepat mengambil judul tersebut, karena berkaitan dengan pemimpin kepala daerah.

Gunakanlah kata administrasi dengan tepat. Lebih  baik, pilih makna administrasi bermakna luas, bukan bermakna sempit. Administrator-lah yang benar, bukan “tenaga” admin, siapakah administrator itu? Semoga, Anda. Amin.

Semarang, 22 Mei 2022

Ditulis di Rumah jam 19.00 – 19.20 Wib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: