Kajian Arbain Nawawi (1): Pekerjaan Hati

Kajian Arbain Nawawi (1): Pekerjaan Hati
Oleh Agung Kuswantoro

Usai Lebaran/Idul Fitri 1443 Hijriah, kami bersama Takmir Masjid Ulul Albab (MUA) tetap menyelenggarakan kajian usai salat Subuh berjamaah. Adapun kitab yang kami pelajari adalah Arbain Nawawi. Sedangkan pada bulan Ramadhan, telah khatam kitab ‘Aqidatul ‘Awwam.

Model kajian kami untuk kitab Arbain Nawawi ini adalah per lafal kita baca dan dimaknai. Setelah itu, penjelasan. Tidak ada target khatam dalam waktu tertentu. Kita menikmati proses belajar.

Pada hadist pertama membahas tentang pentingnya Niat. Adapun bunyi hadistnya seperti ini: : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya karena (ingin) mendapatkan keridoaan (Allah) dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridoaan) Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.

Niat adalah menghendaki sesuatu yang dibarengi/disertai/bersamaan dengan perbuatan. Niat dilakukan secara bersama-sama antara keinginan dan perbuatan. Adapun tempat niat ada di hati (Safinatunnajah).

Lalu, mengapa hadist ini diletakkan pada bagian pertama? Bersambung.

Semarang, 9 Juni 2022
Ditulis di rumah, jam 06.00 – 06.10 Wib.

2 Komentar (+add yours?)

  1. Adp
    Jun 11, 2022 @ 08:27:12

    Ditunggu kelanjutannya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: