Kitab Arbain Nawawi (6): Akhbarni & Sodaqta

Kitab Arbain Nawawi (6): Akhbarni & Sodaqta

Oleh Agung Kuswantoro

Saya adalah orang yang bodoh. Oleh karenanya, saya ingin belajar bersama teman-teman (jamaah salat Subuh), usai salat Subuh belajar bersama.

Pada hadist ke-2 dari kitab Arbain Nawawi, ada kalimat Akhbarni yang artinya: beritahu saya dan kalimat: sodaqta/Anda benar.

Jika kita perhatikan: konteks kalimat di atas adalah Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Muhammad Saw tentang islam, iman dan ihsan. Setelah bertanya: Malaikat Jibril menanggapi dengan kalimat “Sodaqta” (Anda/Nabi Muhammad Saw benar). Dimana, saat bertanya dengan kalimat: Akhbarni/beritahu saya/Malaikat Jibril.

Melihat dialog di atas menjadi “unik” karena Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Muhammad Saw, kemudian merespon sendiri atas pertanyaannya.

Hal ini mengingatkan, saya sebagai guru. Pernah saya bertanya kepada murid seperti ini: “Apa yang melatarbelakangi Anda menulis skripsi ini?” Kemudian dijawab oleh murid tersebut: “Karena ini itu (misal)”.  Lalu, saya menanggapi atas jawaban murid tersebut dengan kalimat: “Anda benar”.

Konteks percakapan saya dengan murid saya itu identik/mirip, konteks dengan percakapan dengan cerita Malaikat Jibril. Dimana, saya bertanya, lalu saya tanggapi sendiri. Bisa jadi, artinya saya sedang menguji dari kemampuan ilmu murid saya tersebut.

Lalu, bagaimana dengan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw: dimana Malaikat Jibril bertanya, lalu “mengiyakan” jawaban Nabi Muhammad Saw. apakah termasuk menguji keilmuan Nabi Muhammad Saw tentang islam, iman, dan ihsan? Waallahu’alam. []

Semarang, 11 Juni 2022

Ditulis di Rumah jam 08.00 – 08.10 Wib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: