Dapat Amanah dari Ponpes Salafiyah Kauman Pemalang

Dapat Amanah dari Ponpes Salafiah Kauman Pemalang
Oleh Agung Kuswantoro

Adalah Ponpes (Pondok Pesantren) Salafiah Kauman Pemalang yang menjadi bagian hidup saya dalam mengenal ilmu-ilmu agama Islam, mulai dari: fa’ala yaf’ulu hingga qola asluhu qowa’ala; alkalamu huwal lafdu hingga zaidun qoimun, kitab jurmiyah hingga alfiayah, kitab fiqih wadhih hingga taqrib, dan lain sebagainya.

Enam tahun di Ponpes Salafiyah, hingga sekarang ilmu-ilmu yang pernah saya dapat itu, sangat membekas dalam hati. Termasuk, para pengasuhnya. Ada Kiai Haji Drs. Romadlon Sya’ban Zuhdi, Gus Hamdan, Gus Faris, Kiai Miftah, Kiai Makroji, Kiai Rodi, dan Kiai serta ustad-ustad lain yang berada di Ponpes Salafiyah Kauman Pemalang.

Mendapatkan telpon dari Gus Salman Faris untuk membantu menyiapkan makan siang untuk santri dan para pengasuh sejumlah 260 orang di Fatimatuzzahro, Ngijo, Gunungpati, Semarang menjadi suatu kehormatan bagi saya untuk menjalankan amanah tersebut. Alhamdulillah dengan dibantu istri – Lu’lu’ Khakimah – kebutuhan makan siang untuk rombongan Ponpes Salafiyah pada Jum’at (1/7/2022) dapat terlaksana dengan baik.

Dalam pertemuan singkat tersebut saya bertemu dengan seluruh kelurga “ndalem” keluarga besar Salafiyah Kauman Pemalang, bahkan saya bertemu dengan Nyai Hajjah Fatimah Sya’ban Zuhdi, keluarga besarnya, dan para Ustad pendamping santriwan-santriwati Salafiyah Kauman Pemalang.

Syukur Alhamdulillah, Allah telah mengenalkan saya kepada sekolah nonformal yang penuh ilmu itu. Terima kasih keluarga besar Ponpes Salafiyah atas kepercayaan kepada saya yang dulu pernah belajar di daerah Kauman Pemalang itu. Semoga Ponpes yang terletak di jantung kota Pemalang itu selalu menjadi rujukan dalam belajar ilmu agama di Pemalang.

Semarang, 1 Juli 2022
Ditulis di Rumah jam 14.30 – 14.35 Wib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: