Kajian Arbain Nawawi (27): Keterkaitan Antar Hadis

Kajian Arbain Nawawi (27): Keterkaitan Antar Hadis

Oleh Agung Kuswantoro

Dalam keterangan kitab Majalisus Saniah ada keterangan: ada keterkaitan hadis ke-11 (tinggalkanlah apa-apa yang kehalalannya meragukan kamu kepada yang tidak meragukan kamu, demi menjaga agama dan kehormatanmu) dengan hadist ke-6 (innal halaala bayyinun wa innal haraama bayyinun). Dengan demikian, antar hadis itu saling menguatkan. Dasarnya tetap hadis sebelumnya (hadis ke-6), kemudian dikuatkan dengan hadis ke-11. Waallahu ‘alam.

Kajian Arbain Nawawi (28): Melakukan Sesuatu yang Bermanfaat

Oleh Agung Kuswantoro

Hadis ke-12 ini berbunyi: “di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat”. Hadis ini merupakan hadis yang termasuk salah satu daripada pokok agama Islam.

(Min husni islaamil mar-i tarkuhu maalaa ya’niihi) maknanya adalah sesuatu yang tidak berkaitan dengan perhatiannya. Adapun hal-hal yang berguna bagi manusia itu adalah yang berkaitan dengan kepentingan hidupnya, seperti masalah penghidupan dan keselamatannya di akhirat. Hal ini sedikit bila dibandingkan dengan sesuatu yang tidak berguna baginya.

Apabila manusia membatasi dirinya pada hal-hal yang berguna saja sehingga ia akan selamat dari keburukan yang besar. Selamat dari keburukan itu kebaikan yang banyak. Di antara perkataan ulama salaf dahulu adalah: “Barangsiapa mengetahui bahwa perkataannya di akhirat kelak, niscaya akan berkuranglah perkataannya kecuali perkataan yang berguna baginya saja. Dan barangsiapa menanyakan apa yang tidak berguna baginya niscaya ia akan mendengar apa yang tidak menyenangkannya.”

Ibnu Abdilbar berkata: “Sabda Nabi ini termasuk kalam jami’ yaitu perkataan ringkas padat umum namun mengandung makna yang luas, yang belum pernah diucapkan oleh seorang pun sebelum beliau.”

Sumber: Majalis Saniah

Yogyakarta, 28 Juli 2022

Ditulis di daerah Ambarukmo, jam 05.00-05.15 Wib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: