“Berliterasi” di Bulan Ramadhan

“Berliterasi” di Bulan Ramadhan
Oleh Agung Kuswantoro

Ramadhan 1442 Hijriah ini, bagi saya adalah sebuah “tantangan” dalam berliterasi. Saya selalu “menjagani” agar tidak terlalu banyak aktivitas rutin pekerjaan dan aktivitas yang bersifat fisik.

Mengapa saya “jagani” agar tidak terlalu sibuk dan aktivitas fisik? Agar saya bisa fokus beribadah dan berliterasi. Saya menyamakan antara berliterasi sama dengan beribadah. Dengan membaca dan menulis itu, beribadah. Semakin banyak membaca, maka pengetahuan saya bisa bertambah. Syukur, saya bisa menuliskan dari apa yang saya baca.

Sumber bacaan saya yang utama adalah al-Qur’an, kitab, dan buku. Tidak semua kitab dan buku menjadi rujukan saya dalam “berliterasi”. Sehingga, saya mencari informasi terkait buku/kitab. Biasanya, saya membuka kitab-kitab dan buku-buku yang saya miliki.

Selain itu, saya juga rutin membaca koran di koran Suara Merdeka yang berisi informasi kitab. Adapun kitab yang sudah saya dapatkan yaitu: kitab Tuhfatul al-Lubab, Maqasid Ash-Shaum, kitab tafsir Al-Bayan Fii Ma’rifati Ma’ani al Qur’an, kitab ar – Rozan, kitab al – Awail wal fadhoil, dan kitab-kitab yang lain.

Dengan membaca ulasan dari kitab-kitab tersebut, saya mencoba membeli kitab tersebut dan membacanya. Tujuannya, untuk diri/saya saja agar menjadi tahu. Saya jadi “melek” dengan ilmu.

Selain mencari referensi, saya juga aktif membuka internet dengan mengaji online. Biasanya saya menyimak kajian dari teras Salafiah Kauman Pemalang – Kitab ‘Qomiut Thugyan’ – yang diampu oleh KH. Romadon SZ, kajian kitab Burdah yang diampu oleh Kiai Mustofa Bisri, kitab Ihya Ulumuddin dan kitab Misykatul Anwar yang diampu oleh Kiai Ulil Absor Abdullah.

Saya suka kajian online tersebut, karena “kental” dengan ilmu. Cara membacanya, sangat jeli. Mulai dari nahwu, shorof, dan tafsirnya. Jadi, menyeluruh dalam membahasnya.

Diri saya memang banyak kekurangan, harapannya dengan berliterasi saya dapat beribadah. Yuk, perbanyak berliterasi agar kita “melek” ilmu Allah. []

Semarang, 30 April 2021
Ditulis di Rumah jam 05.45 – 06.05 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: