Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)

Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan materi, dosen harus selalu inovasi dan improvisasi mengenai strategi pengajarannya di kelas. Stretegi pembelajaran tersebut tidak harus sama untuk setiap kelas atau setiap mahasiswa, strategi pembelajaran tersebut adalah customized sesuai dengan kondisi dan kemampuan dari anak didik. Salah satunya dengan pembelajaran berbasis Teknologi Indormasi dan Komunikasi (TIK) pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Administrasi. Kegiatan penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Administrasi melalui Pembelajaran Elektronik (e-learning). Manfaat penelitian ini adalah (a) Mengetahui variasi dari beberapa metode dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembe,lajaran di kelas, (b) Dipergunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran di kelas, sehingga permasalah-permasalahan yang dihadapi baik oleh mahasiswa, dosen, materi pembelajaran, dan lain sebagainya dapat diminimalkan.

 

Penelitian ini dilaksanakan pada program studi pendidikan administrasi perkantoran dengan waktu penelitian pada semester gasal 2010/2011. Jumlah mahasiswa adalah dua rombongan belajar yaitu sejumlah 96 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi (d) refleksi selama dua kali. Teknik Pengumpulan data yang dipergunakan dalam mengumpulkan data primer dan sekunder yaitu (a) pedoman Observasi/pengamatan, (b) pedoman wawancara yang akan dilakukan oleh (1) dosen kolaboratif (satu tim) kemudian sebagai pengamat mengidentifikasikan bagaimana pelaksanaan (2) mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini, (c) pedoman dokumen : lembar observasi, kuisioner terbuka, lembar penilaian pembelajaran kontektual, kuis atau tes prestasi belajar, dan catatan dosen/jurnal. Langkah-langkah dalam analis data menurut  meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan pada keadaan awal mahasiswa yang mencapai belajar tuntas hanya 45%, pada siklus pertama yang mencapai belajar tuntas 65%, dan pada siklus 2 yang mencapai belajar tuntas 80%. Keterampilan dosen dalam pengelolaan pembelajaran menunjukkan peningkatan dari nilai 73,5 menjadi 81,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan TIK dalam pembelajaran juga meningkatkan minat, perhatian dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dosen tidak lagi menjadi sumber tunggal. Mahasiswa dapat aktif sendiri menambah pengetahuan dan pemahamannya mengenai materi pengantar ilmu administrasi dengan mengunduh dari artikel-artikel yang terdapat pda website-website di internet.

 

Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran berbasis TIK sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi mata kuliah pengantar ilmu administrasi. Hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa yang meningkat setelah di terapkan pembelajaran berbasis TIK. Saran terkait dengan hasil penelitian ini ialah pada saat mengimplementasikan pembelajaran berbasis TIK, sebaiknya sarana dan prasarana penunjang seperti jeringan internet harus sudah ada, selain itu supaya proses pembelajaran lebih optimal pada saat awal perkuliahan dosen memberikan contoh pemakaian TIK tersebut terlebih dahulu kepada mahasiswa karena kenyataannya tidak semua mahasiswa telah memahami cara-cara penggunaan TIK.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: