“lookup dan outlook”

Kamis, 21 Maret 2013 di labolatorium computer di kuliah aplikasi computer pendidikan koperasi. Tepat menunjukkan waktu 13.00 WIB, saya menuju ke labolatorium, di mana mahasiswa dan teman saya via amalia sudah stand by di ruangan.

Pekerjaan yang pertama adalah memanggil mereka satu persatu dari mahasiswa, kemudian menyiapkan bahan yang akan diajarkan. Saya mengulang materi minggu kemarin yaitu table. Saya meminta kepada mereka untuk membuka pekerjaan kemarin.

Mereka memanggil filenya di computer dan laptopnya. Setelah mereka mencarinya ternyata mereka yang memakai laptop masih menyimpannya, tetapi bagi yang memakai computer, file mereka hilang.

Dengan kejadian tersebut, maka saya menghitung jumlah mahasiswa yang filenya hilang. Ada 35 mahasiswa yang file hilang dari total 58 mahasiswa.

Saya memutuskan untuk penugasan dari yang saya siapkan materi diblog saya. Mereka download materi kemudian mengerjakan di rumah. Kuliah yang seharusnya 3 sks dilakukan hanya 1 sks tetapi mereka mengerjakan tugas yang nilainya kurang lebih 3 sks.

Ada yang menarik dalam penjelasan saya menurut mereka. Bagi mereka mungkin ini lucu sampai ada yang menyebut “stand up comedi” yang ditujukan kepada saya. Saya menjelaskan materi hari ini yaitu lookup. Sekedar penjelasan yang apa adanya, bukan penjelasan yang sebenarnya. Hal ini bertujuan memancing mereka untuk merespon dari stimuli saya.

Saya mengartikan lookup adalah memandang ke atas. Look itu memandang dan up itu ke atas. Mereka pada tertawa. Lama saya menjelaskan lookup tetapi ketika saya mengatakan lookup mesti (hampir 85%) saya mengatakan outlook sehingga mereka mengingatkan saya dengan kata “lookup, Pak,,bukan outlook”. Kemudian saya menjawabnya “Inna lillahi wainna ilaihi roji’un” wah maaf saya salah terus menyebutkannya. Saya tulis aja biar tidak salah lagi di papan.

Saya menjelaskan kepada mereka bahwa beberapa hari kemarin saya menjelaskan materi outlook di semester dua. Mereka antusias sekali sampai banyak bertanya. Jadi maklum jika saya mengatakan lookup jadi outlook karena look-looknya sama. Jika tidak percaya buka blog saya ketik dipencarian dengan kata “outlook”. Mereka mengetikkannya, wal hasil mereka menemukannya dengan judul “outlook itu apa, Pak?” setelah saya menjelaskan hal itu mereka percaya dengan seringnya pengucapan saya yang salah.

Kejadian tersebut tidak membuat saya mau, justru senang karena mereka mendengarkan kata-kata saya dan mencermatinya. Terbukti ketika saya mengucapkan salah, mereka membenarkannya dengan spontan meski mereka sambil senyum-senyum. Saya sangat berterima kasih dengan mereka karena mereka sudah antuis dengan perkulihan hari itu. Sukses selalu buat kalian semua, mudah-mudahan Alloh memberikan kemudahan diperkuliahan kita…Amin

Tinggalkan Balasan

