Karekteristik Pemimpin apakah harus Suci?

Menyampaikan materi karakteristik pemimpin dari slide milik Dr. S. Martono, M. Si menyimpan sebuah pertanyaan yang masih belum terjawab. Adapun pertanyaannya adalah apakah ada karakteristik pemimpin dari materi tersebut? Jika ada, siapa dia?

Dijelaskan dalam materi tersebut bahwa karakteristik pemimpin adalah memiliki kematangan spiritual, mental, sosial, emosi, fisik, kewibawaan, keuletan dan kerajinan, jujur, kesanggupan untuk berkomunikasi, memiliki keterampilan teknis dalam bidang manajemen, mempunyai keinginan untuk menjadi pemimpin, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, dan perilaku pemimpin yang didasarkan pada delapan sifat ajaran dan filosifi kepemimpinan Jawa, yaitu hasta brata. Pemimpin yang berperilaku hasta brata seperti bumi (tanah), surya (matahari), candra (bulan), kartika (bintang), angkasa (langit), samodra (laut), dahana (api), dan maruta (angin).

Jika kita perhatikan, maka pemimpin yang dimaksudkan adalah jelas manusia yang sangat super. Dimana ia memiliki kemampuan yang lebih dari manusia. Bagaimana tidak? Ia matang, terampil, cakap, dan pandai. Mana ada manusia yang memiliki kelebihan seperti itu? Bukankah manusia juga sebagai makhluk yang memiliki penyakit lupa dan dosa? Jika manusia itu memiliki penyakit lupa dan dosa, berarti tidak termasuk dalam karakteristik pemimpin. Terus pemimpin seperti apa dia yang dimaksudkan dalam materi tersebut? Nah itulah pertanyaan awal yang ada dalam paragraf pertama.

Saya sebagai dosen pun saat ini, belum bisa menjawabnya. Jika ada yang mau berkomentar silakan menjawab dikomentar status blogĀ ini. Mari kita diskusi materi karakteristik pemimpin. Bagi yang menjawabnya menarik, akan diberi nilai plus dan hadiah. Tapi hadiahnya nanti dulu. Selamat menjawab.

Rembang, 31 Oktober 2015

Agung Kuswantoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: